Rabu, 25 Oktober 2017

REFLEKSI PERAYAAN ASYURO 2017

Muqaddimah
Muharram sudah berlalu. Bulan duka bagi warga syiah sudah dirayakan. Menjadi catatan menarik, karena pelaksanaan asyuro tahun ini mengalami kemunduran. Berawal dari penolakan masyarakat terhadap ajaran syiah. Imbasnya adalah kegiatan syiah yang menjadi syiar dan sarana perekrutan syiah mengalami tantangan.

Mengapa harus memperingati asyuro?
Syiah sebagai sebuah mazhab, memiliki ritual khas. Baik di pusatnya, yaitu di Iran, maupun di seluruh dunia. Tidak terkecuali di Indonesia. Sebulan menjelang bulan asyuro, maka seluruh komunitas syiah sudah mempersiapkan. ABI, sebagai ormas syiah yang militan, mengeluarkan maklumat, diantaranya agar seluruh komunitas syiah di seluruh indonesia mengadakan peringatan asyuro. Baik di tingkat kelurahan maupun kecamatan. Seruan itu dimuat dalam web resmi mereka. Sungguh menjadi aib, ketika ada komunitas syiah yang tidak mengadakan asyuro. Perlu dipertanyakan ke syiah’hannya.

Peringatan Asyuro di ICC Jakarta 2017

Peringatan Asyuro di ICC Jakarta 2017

Dimana asyuro nasional?
Sudah lazim, bahwa syiah tingkat nasional selalu mengadakan perayaan dalam tingkat nasional yang dihadiri ribuan pengikut syiah. Peserta didatangkan dari jabodetabek. Seluruh komponen syiah terlibat, baik dari yayasan kecil dan besar. Lembaga pendidikan dari TK sampai perguruan tinggi. Peserta dari tangerang, depok, bogor, cikampek, purwakarta bahkan sampai daerah rengas dengklok. Laskar semi militerpun dilibatkan untuk mengamankan acara tersebut.
Namun, tahun 2017 ini, acara asyuro nasional tidak di adakan. Mengingat adanya ancaman dari masyarakat berupa pembubaran. Cara nasional ini pernah diadakan di senayan, di halim perdana kusuma, di balai samudra jakpus, di serpong dan yang terakhir adalah di balai sudirman tebet. Tiga tahun terakhir, 2013 yang diadakan di balai samudra didemo masyarakat. Tahun 2014 yang diadakan di serpong juga di demo oleh masyarakat. Tahun 2015, diadakan di balai sudirman tebet. Ini tidak didemo masyarkat karena informasi acara tidak bocor ke masyarkat sehingga para pendemo tidak tahu tempatnya. Pada tahun 2016, acara juga diadakan di balai sudirman dan didemo masyarakat. Dua tahun terakhir memakai siasat kucing-kucingan. Mereka tidak mengumumkan waktu dan tempat acara kepada masyarakat. Hal itu dilakukan agar tidak ada demo.
Akhirnya syiah balik kandang. Mereka mengadakan asyuro di ICC, Jakarta selatan. Markaz syiah yang langsung di biayai oleh iran. Berkedok kantor kebudayaan, padahal itu merupakan pusat kegiatan syiah. Hampir semua ritual syiah dilaksanakan di markaz syiah tersebut.

Asyuro di Medan
Di medan, sumatra utara, asyuro dilakukan di gedung terbuka. Menurut pengakuan salah satu pengikut syiah, bahwa acara di Medan juga dengan kucing2an, makanya bisa berjalan lancar. Bahkan acara didokumentasikan ke publik melalui youtube.
Peringatan Asyuro di Gelanggang Remaja Kodya Medan 2017

Peringatan Asyuro di Gelanggang Remaja Kodya Medan 2017


Asyuro di bandung
Di bandung yang hampir tiap tahun mengalami penolakan,  maka tahun ini mereka mengadakan di yayasan internal syiah. Meski kondisinya yang tidak terlalu luas, maka disiasati dengan memasang banyak tenda. Alhasil, pelaksanaan asyuro bisa berjalan. Sebagian isi disebarluaskan melalui souncloud. Komunitas syiah di bandung relatif banyak dan basis pengkaderan juga terjadi di yayasan syiah tersebut.

Peringatan Asyuro di Yayasan Muthahari Bandung 2017

Peringatan Asyuro di Yayasan Muthahari Bandung 2017


Asyuro Di Semarang
Acara yang biasa dilaksanakan di PRPP, dan beberapa tahun ini mendapatkan penolakan. Tahun lalu diadakan di bomlama markaz syiah dan mendapatkan penolakan juga. Tahun ini mereka mengadakan di sebuah hotel disemarang dan mendapatkan penolakan. Para penolak syiah sempat membawa masalah ini ke kemenag jateng, akan tetapi kemenag tidak berani mengambil resiko untuk tidak mengijinkan acara syiah. Padahal jika kemenag tidak mengijikan, maka polisi juga tidak mendapatkan ijin. Akhirnya acara berjalan dan pendemo juga hadir pada acara tersebut. Pihak hotel yang tadinya sempat membatalkan acara namun karena sudah membayar DP dan ada jaminan dari kepolisian akhirnya acara berjalan sesuai rencana.

Peringatan Asyuro di Hotel UTC Semarang 2017

Peringatan Asyuro di Hotel UTC Semarang 2017


Asyuro di Makassar
Di Makassar, perayaan asyuro tahun ini mendapatkan penolakan. Mereka mengadakan di suatu hotel dan ditolak oleh sebagian masyarakat. Makassar sebagai salah satu daerah basis syiah, maka asyuro biasanya dilaksanakan dalam acara yang relatif ramai.

Peringatan Asyuro di Hotel Clarion Pettarani Makassar 2017

Peringatan Asyuro di Hotel Clarion Pettarani Makassar 2017


Demikian beberapa catatan tentang perayaan asyuro syiah tahun 2017 di Indonesia, dengan kesimpulan sebagai berikut :
1.   Pengikut syiah meskipun dalam kondisi tertekan tetap mengadakan asyuro
2.   Mereka mengadadakan acara dengan tidak dipublis ke umum karena khawatir mendapat penolakan dari masyarakat
3.   Mereka cenderung mengadakan di markaz mereka
4.   Masyarakat umum jarang yang ikut acara tersebut karena lokasi acara yang sempit dan publikasi yang terbatas.

5.   Di jawa timur, peringatan asyuro bisa dilaksanakan bersama dengan warga masyarakat NU. ( Ahmad Hasyim, akhir oktober 2017 )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar