Minggu, 29 Juli 2018

MADRASAH DINIYAH SYIAH DI JEPARA MENGGELAR ACARA WISUDA AKHIRUSSANAH


Jepara merupakan salah satu daerah basis syiah di Jawa Tengah. Ini terjadi karena ada tokoh Jepara yang menjadi syiah dan membuat titik kaderisasi. Ada hauzah, pesantren khas syiah yang meniru gaya Iran. Ada juga yayasan dakwah dan yayasan kemanusiaan. Mereka semuanya aktif mendakwahkan syiah di tengah masyarakat yang mayoritas NU. Tidak ketinggalan, basis pengkaderan syiah Jepara berupa madrasah diniyah. 
Madrasah Diniyah syiah Al-Hasanaian menyelenggarakan wisuda akhirussanah tahun pelajaran 2017/2018, pada Jum’at (11/05/2018). Acara yang dihadiri oleh kepala sekolah, orang tua wali santri serta seluruh jajaran guru dan para santri itu bertempat di aula Madin Al-Hasanain Ngrandu Guyangan.
“Ini merupakan acara wisuda pertama yang kami selenggarakan, diharapkan dengan masa studi 4 tahun untuk jenjang madrasah Diniyah Awaliyah sebagaimana yang dicanangkan pemerintah. Mudah-mudahan semua santri dapat menyelesaikannya sampai tuntas”. Ujar ustad Nur Alim dalam pidatonya.
Tahun ini, Madin syiah Al-Hasanain berhasil mewisuda 3 santri yaitu Dini Yulita Zaliyanti Putri bapak Kemijun, M. Syaiful Hadi putra bapak Kurdi dan Rahmat Ilham Saputra putra bapak Mungkar. ketiganya berhasil menyelesaikan materi pelajaran mulai dari kelas 1 hingga kelas 4 dengan sangat baik.
Tidak hanya itu mereka juga telah menyelesaikan hafalan juz 30 dengan lancar. “Tahfidz juz 30 merupakan salah satu syarat kelulusan yang telah ditetapkan madin syiah Al-hasanain mulai di tahun 2017/2018”. lanjut Kepala Sekolah itu.





Acara berlangsung dengan lancar dan meriah. Diharapkan acara tahun depan dapat dilaksanakan dengan lebih baik. Selain prosesi wisuda santri kelas 4 yang telah lulus, acara siang itu dilanjutkan dengan pembagian hasil nilai raport santri kelas 1 sampai dengan kelas 3 sebagai pertanda dimulainya tahun ajaran baru setelah Ramadhan. 

Sumber : Informasi Kegiatan Darut Taqrib Jepara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar