Senin, 09 Desember 2019

Ormas Syiah mengadakan Muktamar Ke-3 Pada November 2019



Jakarta – Ahlulbait Indonesia (ABI) adalah sebuah organisasi masyarakat (ormas) syiah yang menjadi wadah bagi masyarakat Syiah di Indonesia. Pada Jumat, 29 November sampai dengan 1 Desember 2019 ABI telah melaksanakan muktamarnya yang ke-3.

Sebelum dimulainya muktamar nasional, acara diawali dengan seminar yang diisi oleh narasumber tokoh besar nasional, yaitu Prof. Dr. Azyumardi Azra, MA, Yudilatif, PhD dan Dr. Muhsin Labib, MA dengan membahas tema “Peran Ormas Islam dalam Membangun Strategi Kebudayaan Nasional”. Kegiatan dibuka dengan lantunan ayat suci Al-Qur’an, Indonesia raya, dan dibuka  langsung oleh perwakilan Kementrian Agama Republik Indonesia, Dr. Juraidi, MA sebagai Direktur Penerangan Agama Islam Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam. Sejatinya syiah mengundang menteri Agama, dan bahkan broadcast yang disebarkan sudah dimuat. Tapi menteri agama tidak hadir. Entah disengaja atau tidak. Jika menteri agama hadir, ini tentu menjadi senjata syiah dakwah ke umat Islam. Ini loh, menteri agama saja hadir dalam acara syiah, masak kami dianggap sesat.

Perwakilan dari kemenag,  Dr. Juraidi setelah memberikan sambutan beliau kemudian memukul gong sebagai tanda dimulainya acara yang berskala Nasional ini.

Muktamar ke-3 ini dihadiri kurang lebih 134 orang dari berbagai perwakilan, baik DPW, DPD seluruh Indonesia dan Badan Otonom ABI seperti MAI dan Pandu ABI. Ini menjadi tanda bahwa syiah dengan agenda dakwahnya relative berhasil. Meski dalam prakteknya mereka masih minoritas, tapi ini bias menjadi alat dakwah bahwa mereka ada dan eksis loh. Buktinya ada ormas syiah di kota tersebut. Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari di Hotel Horison Arcadia bilangan Jakarta Pusat ini menghasilkan pimpinan baru yang dipilih secara langsung oleh para muktamirin. Ustaz Dr. Zahir Yahya terpilih sebagai Ketua Umum DPP ABI periode 2019-2024, sebelumnya jabatan ketua umum oleh Ustaz Hassan Alaydrus yang menjabat selama 2 periode.






Abdullah Beik sebagai ketua panitia acara mengatakan, “dengan adanya kegiatan ini kami berharap semakin mempererat tali silaturahmi antar sesama anggota ABI serta bisa menambah wawasan dalam mencermati perbedaan sehingga menimbulkan kehidupan yang dinamis”. Seperti kita ketahui bahwa ormas syiah ini menjadi ormas kedua terbesar setelah sebelumnya IJABI yang juga menjadi ormas syiah nasional. Ijabi dan abi adalah dua sayap syiah dalam menjalankan misi dakwahnya, menyebarkan ajaran syiah di muslim Indonesia meski belakangan ini dakwah syiah mulai redup karena adanya penolakan dari tokoh masyarakat terhadap ajaran syiah yang penuh dengan caci maki, laknat dan kesesatan2 aqidah lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar