Rabu, 20 September 2017

Peringati Idul Ghadir, Syiah Bondowoso Adakan Bazar Makanan Gratis

Pada 12 September 2017 kemarin, sebuah akun Facebook Muhammad Kamil Ba'abud, merilis kegiatan Syiah yaitu peringatan Idul Ghadir di Bondowoso.  Ritual tahunan Syiah itu dilakukan dengan konsep memberikan makanan gratis bagi para peserta yang lewat dan mau makan.
"Insya Allah dalam rangka memperingati Hari Iedul Ghadir diBondowoso tanggal 12 september 2017 akan dimeriahkan Dengan acara Bazar Makanan GRATIS yg sudah menjadi tradisi rutin tiap tahun." tulis akun Muhammad Kamil Ba'abud, (7/8/17).

Dalam foto banner yang diunggah Muhammad Kamil Ba'abud, diketahui penyelenggara ritual Asyura tersebut dipanitiai oleh Yayasan As Shidiq Bondowoso.
Para peserta yang datang, yang notabene adalah masyarakat sunni, mereka dipaksa mendengarkan arahan dari panitia dan juga syiar syiah, bahwa pemimpin yang haq setelah rasul adalah Ali bin Abi Thalib. Peserta yang datang akan diberikan kupon dan nanti mereka menukarnya dan mendapatkan makanan sekedarnya. Sembari makan itulah mereka harus mendengarkan dakwah syiah bahwa ini adalah hari bahagia, yaitu hari pengangkatan Ali radliyalllahu anhu menjadi khalifah.

Padahal klaim itu terbantah dengan sebuah fakta bahwa lokasi lembah ghadir yang terletak di antara makkah dan madinah. Jarak dari makkah ke lembah Ghadir adalah 250 km. Sehingga tidak mungkin rasul menyatakan keimaman imam ali pada sebagian sahabat saja, mengingat pasca haji, para jamaah dari sebelah utara kota makkah saja yang ikut dalam peristiwa itu. Ditambah lagi, Sahabat Ali ra mengakui kepemimpinan 3 khalifah setelah rasulullah.  





Di bondowoso memang unik, bahwa yayasan syiah biasa melakukan kegiatan sosial dalam rangka mengamankan posisinya, mengingat mayoritas warga menolak ajran syiah berada di kota mereka. Bahkan perayaan tahun lalu nyaris terjadi bentrok jika syiah tetap mengadakan perayaan id ghadir secara terbuka dan mendatangkan syiah dari luar kota. ( Ahmad Hasyim, TIM fakta syiah)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar