Rabu, 14 September 2016

TERJADI PENOLAKAN SYIAH DI TERNATE

Tujuh Pengikut Syiah Kembali ke Rumah
Tujuh pengikut Syiah Jafariah pimpinan Nawawi Husni alias Ong di Kelurahan Marikurubu, Kecamatan Ternate Tengah, Maluku Utara, kembali ke rumah masing-masing, Kamis (25/8/2016) siang.
Kepulangan pengikut ajaran syiah ini setelah kediaman mereka dikepung warga setempat pada Rabu (24/8/2016) malam.
“Tujuh pengikut syiah itu semalam kami amankan di Mapolres Ternate untuk menghindari amukan massa, terus tadi siang sudah pulang ke rumah masing-masing, namun tetap dalam pemantauan jangan sampai ada tindakan yang mengarah ke anarkis,” kata Kapolres Ternate, AKBP Kamal Bachtiar.


Ketujuh pengikut syiah tersebut diimbau tidak melakukan kegiatan yang dapat memancing reaksi warga sekitarnya untuk sementara.
Para pengikut syiah itu dikepung warga setempat saat kumpul-kumpul di salah satu rumah melakukan aktifitas semacam tahlilan. Diduga karena kegiatan itu membuat warga sekitar langsung berkumpul dan mengepung mereka.
“Tidak ada korban luka dalam kejadian itu. Hanya ada pelemparan di rumah mereka. Semalam anggota di lapangan langsung mengamankan 7 pengikut syiah dalam rangka menghindari jangan sampai ada warga menghakimi mereka,” kata Kamal.
Ke depan, lanjutnya, polisi akan berkoodinasi dengan beberapa instansi terkait termasuk Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Ternate untuk mensosialisasikan ke masyarakat di kelurahan-kelurahan soal ajaran syiah jafariah.
Sebelumnya, MUI Maluku Utara telah mengeluarkan fatwa bahwa ajaran syiah jafariah yang dibawa oleh Nawawi Husni alias Ong sesat dan menyesatkan.
Sumber : kompas.com

Penulis
: Kontributor Ternate, Fatimah Yamin
Editor
: Caroline Damanik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar