Rabu, 14 September 2016

TERJADI PENOLAKAN WARGA SAAT SYIAH MELAKSANAKAN QURBAN DI TERNATE

Pengikut Syiah yang Dievakuasi ke Polres Ternate Dipulangkan

 - Sekitar 13 orang pengikut Syiah Ja'fariyah pimpinan Nawawi Husni alias Ong kembali ke rumah mereka masing-masing setelah Selasa (13/9/2016) pagi tadi sempat dievakuasi ke Mapolres Ternate, Maluku Utara.
“Sudah kembali ke rumah masing-masing. Kita amankan tadi di Mapolres karena mengantisipasi jangan sampai ada main hakim sendiri dari warga,” kata Kapolres Ternate AKBP Kamal Bachtiar.
Kejadian itu berawal ketika pengikut Syiah Jafariah memotong hewan kurban di rumah mereka di Kelurahan Marikurubu, Kecamatan Ternate Tengah, tiba-tiba didatangi puluhan warga setempat.
Warga sempat melempar rumah pengikut Syiah. Beruntung peristiwa itu tidak sampai melebar setelah Babinkamtibmas bersama Babinsa, Polres Ternate serta Danramil menenangkan massa dan mengimbau agar tidak bertindak anarkistis.
Kapolres Ternate mengimbau kepada pengikut Syiah Jafariah pimpinan Nawawi Husni agar tidak melaksanakan aktivitas hanya dalam kelompok mereka, tetapi berbaur dengan masyarakat setempat sehingga tidak menimbulkan kecurigaan.
Masyarakat setempat juga diimbau agar tetap tenang dan tidak melakukan tindakan-tindakan yang mengarah ke anarkistis atau pelanggaran hukum lainnya.
Menurut Kapolres Ternate, ajaran Syiah Jafariah pimpinan Nawawi Husni alias Ong sendiri telah ditetapkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) Maluku Utara sebagai ajaran yang sesat dan menyesatkan.

“Kita berencana koordinasi bersama unsur forkopimda kota Ternate serta SKPD terkait untuk mensosialisasikan terkait dengan fatwa MUI tersebut,” ujar Kamal Bachtiar.
SUMBER : KOMPAS.COM
Penulis
: Kontributor Ternate, Fatimah Yamin
Editor
: Farid Assifa


Tidak ada komentar:

Posting Komentar