Rabu, 30 Januari 2019

Syiah Bangun Satu TPA Di Palu Sulawesi Tengah


Palu, (15/1) Dewan Pengurus Pusat Ahlulbait Indonesia (DPP ABI), sebuah ormas syiah nasional membangun satu Taman Pendidikan Alquran  (TPA) di Kelurahan Panau, kecamatan Tawaeli, Kota Palu, Sulawesi Tengah. TPA ini bernama An-Nur dan telah hancur akibat tsunami yang melanda Palu pada waktu 28 September 2018 lalu.

Menurut Abimanyu selaku koordinator relawan nusantara, TPA An-Nur didirikan oleh Ibu Nurlaila sekitar 10 tahun yang lalu. Sebelum musibah, di TPA ini anak-anak mengaji sekitar 120 orang. TPA yang tidak memungut bayaran ini sekarang memiliki anak-anak mengaji hanya 46 orang yang diselenggarakannya dibawah tenda. Ibu Nurlaila mengelola TPAnya seorang diri sampai sekarang. Sehari-hari, Ibu Nur yang blasteran Arab Kaili itu hidup dari berjualan nasi kuning dan suaminya bekerja sebagai security.




“Pembangunan TPA An-Nur saat ini baru mencapai 50 persen yang InshaAllah, selesai dalam 10 hari kerja lagi sepanjang bahan baku tersedia.” Tambahnya saat dihubungi Media Abi.

Selanjutnya Abimanyu menjelaskan, yang bekerja dalam pembangunan TPA ini ada 5 orang tim tukang dari organisasi pengungsi P3B (Persaudaraan Pengungsi Panau Bangkit) yang didampingi oleh Relawan Nusantara ABI Rescue, salah satu sayap ormas syiah yang bergerak di bidang kemanusiaan.

“Pembangunan ini bertujuan agar proses pembelajaran baca AlQuran yang dilakukan oleh Ibu Nurlaila bisa kembali normal, kalau perlu melebihi perkembangan sebelumnya. Lebih jauh diharapkan TPA An-Nur ini, Ahlulbait Indonesia (syiah) dapat mengembangkan pemahaman keagamaan yang lebih luwes sehingga terbuka bagi semua mazhab dan semoga melalui TPA ini, Ahlulbait Indonesia semakin dikenal dan dicintai.” Pungkas Abimanyu.
Ini adalah salah satu titik awal strategi syiah. Kata kunci dari program bantuan diatas adalah islam yang terbuka bagi semua mazhab. Syiah sangat takut jika ada masyarakat yang sudah menutup diri dari ajaran syiah. Masyarakat awam cenderung akan terbuka jika mereka tidak mendapatkan penjelasan yang cukup terkait syiah. Edukasi perlu diberikan kepada semua lapisan masyarakat terkait syiah. Ini menjadi PR para tokoh dan para ulama dalam membentengi akidah umatnya dari kesesatan ajaran syiah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar