Rabu, 18 April 2018

BENTROKAN SYIAH DI ABUJA, 115 DITANGKAP POLISI


Komando Polisi FCT telah menangkap 115 anggota Gerakan Islam di Nigeria (IMN) menyusul bentrokan antara kelompok syiah dengan polisi di Abuja kemarin.

Seorang syiah dilaporkan tewas karena peluru nyasar, ketika polisi berusaha membubarkan acara syiah Air Mancur Unity, Maitama, Abuja. Mereka sedang demo menuntut pembebasan pemimpin mereka, Sheikh Ibrahim Zakzaky.

Sebuah Sumber mengatakan polisi ingin membubarkan para pengunjuk rasa demi menghindari kemungkinan konflik dan menjaga ketertiban. Karena tidak jauh dari lokasi para pemimpin militer, termasuk Kepala Staf Angkatan Darat, Letjen Tukur Buratai, sedang mengadakan acara di Hotel Hilton Transcorp.

Para saksi mengatakan, para demontran syiah menolak dibubuarkan. Akhirnya polisi menggunakan gas air mata untuk membubarkan para pengunjuk rasa. Ternyata demontran melawan dengan melemparkan batu ke arah polisi dan memukul mobil lapis baja milik polisi dengan tongkat.
Daily Trust melaporkan bahwa beberapa kendaraan rusak karena lemparan batu-batu tersebut. Demikian juga, banyak peluru nyasar yang ditemukan di jalan menuju bangunan di dekatnya.
Bentrokan itu mengakibatkan kekacauan di beberapa bagian pusat kota, dengan banyak pengendara terpaksa menggunakan rute alternatif.




Namun, pernyataan juru bicara Komando Polisi FCT, DSP Anjuguri Manzah mengatakan bahwa kelompok Syiah telah melukai 22 personil polisi selama aksi protes.
Manzah mengatakan, “Tim Gabungan detektif dari Komando bersama dengan operasi dari Unit Pemantauan IGP telah memulai penyelidikan atas insiden tersebut. Para tersangka yang ditangkap akan dituntut ke pengadilan pada akhir penyelidikan. "

Juru bicara syiah, Ibrahim Musa menyalahkan pasukan keamanan atas kasus kerusuhan tersebut. Dia menambahkan bahwa "Itu benar-benar memalukan, apa yang dilakukan polisi sebagai penjaga keamanan. Mereka membungkam secara paksa, menghentikan acara demo yang sah. Ini adalah aksi kami agar pengadilan membebaskan Sheikh Zakzaky".

Dia mengatakan pasukan keamanan memulai kekacauan dengan menembaki para pengunjuk rasa yang tidak bersenjata. "Kami telah mendapatkan konfirmasi bahwa telah terjadi penangkapan besar-besaran setelah peristiwa itu. Jumlahnya sekitar 230 orang telah ditangkap. Banyak dari mereka mengalami cedera akibat tindakan represiv polisi."

Musa mengatakan IMN, (sebuah ormas syiah di Nigeria) tidak akan tergoyahkan, bahkan dia menegaskan kembali tuntutan mereka bahwa Sheikh Zakzaky dan istrinya serta anggota lain dari kelompok itu harus dibebaskan dari "penahanan ilegal oleh pasukan keamanan."
Daily Trust mengumpulkan bahwa setelah peristiwa protes tersebut, kondisi keamanan ditingkatkan di titik masuk ke Abuja.

berikut ini link video kejadian diatas :
https://www.youtube.com/watch?v=OtygqodBKVo

KERUSUHAN SYIAH DI NIGERIA TERBARU
dan :

https://www.youtube.com/watch?v=CoZniN7PhJE

KERUSUHAN SYIAH DI NIGERIA

SUMBER : Daily Trust


Tidak ada komentar:

Posting Komentar