Senin, 25 Maret 2019

27 JAN 19: Syiah Adakan Pelatihan SAR Di Palu


Syiah mengadakan Pelatihan Penanggulangan Bencana sekaligus Pelatihan Alquran dan Pendidikan Diniyah. Minggu, 27 Januari 2019 di Palu, kecamatan Tawaeli, Sulawesi Tengah.
Kegiatan ini bekerjasama dengan Pengurus syiah di Wilayah Sulawesi Tengah, Muslimah Ahlulbait Indonesia dan ABI RESCUE yang akan berlangsung mulai 27 sampai 30 Januari 2019.
Mujib selaku ketua panitia menjelaskan, kegiatan ini terlaksana agar terbentuknya kordinasi dan konsolidasi syiah antar wilayah. Peserta memiliki pengetahuan dasar tentang SAR. Peserta memiliki keterampilan dalam mengorganisir relawan lain atau masyarakat setempat yang terdampak bencana agar masyarakat kembali bangkit dan mandiri.




“Bermula kebutuhan pada pemulihan aktifitas pendidikan anak-anak setempat terutama dalam spiritual pendidikan, diperlukan tenaga pendidikan maka dibentuklah sebuah tempat sebagai wadah untuk memenuhi kebutuhan tersebut.” Papar Mujib.
Namun, karena pemenuhan atas kebutuhan sangat terbatas terutama untuk materi dan tenaga pengajarnya maka di diselenggarakan pelatihan alquran dan pendidikan diniyah untuk tenaga pendidik atau pendamping bagi pengajar TPA dan Kampung Literasi Sigi.
Selanjutnya, Mujib memaparkan pelatihan alquran ini berisikan tentang penjelasan kurikulum, penjabaran materi serta terkait cara mengajarkan membaca alquran atau materi-materi agama lainnya.
“Jumlah peserta yang hadir ada 40 orang yang mewakili dari berbagai wilayah diantaranya, Makasar, Balikpapan, Jawa Timur, Jepara, Palembang, Lombok, Gorontalo dan ada 15 orang juga mewakili daerah dimana kegiatan ini dilaksanakan.” Pungkasnya. Ini merupakan kader2 dari kantong basis komunitas syiah yang dikirim. Mereka sengaja mengasah kemampuan di lokasi bencana sekaligus. Tercatat perwakilan dari masing-masing pulau ada. Dari Jawa diwakili dari Jawa Timur dan Jepara. Sumatra diwakili dari Palembang.  Kalimantan diwakili dari Balikpapan yang memang menjadi salah satu komunitas syiah terbanyak di Pulau itu.
Momen bencana, ternyata menjadi momentum baut aliran syiah melebarkan sayap dakwahnya. Ini menjadi tugas ulama Sunni untuk mewaspadai. Syiah bergerak secara pelan tapi pasti. Mencari simpati keseluruh negri. Hingga suatu saat nanti akan menjadi aliran yang banyak diikuti. Waspadalah. (Ahmad Hasyim, dari beberapa sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar