Jumat, 11 Mei 2012

Al-Azhar Mesir Tolak Rencana Iran Produksi Film tentang Nabi Muhammad

Al-Azhar Mesir menolak dan menyatakan keprihatinan mendalam mereka atas niat Iran untuk memproduksi sebuah film yang menggambarkan nabi Muhammad SAW dan menceritakan kisah hidupnya.
Semua para ulama Al-Azhar dan masyarakat Sunni menolak langkah itu dan menuntut Iran melarang pertunjukan film tersebut.
Seorang sutradara Iran telah mengumumkan niatnya untuk memproduksi film yang berjudul "Muhammad, SAW." Film ini menceritakan kehidupan Nabi Muhammad sejak lahir dan awal misinya, serta beberapa peristiwa yang terjadi sebelum kelahirannya.
Menurut surat kabar Al-Ahram, Hassan asy-Syafii, seorang pejabat senior Al-Azhar, memperingatkan konsekuensi atas karya film seperti itu. Dia mencatat bahwa para ulama Syiah di Iran harus berdiri tegas menentang film tersebut, yang menurutnya tidak berbeda dari kartun-kartun satir dari Nabi Muhammad yang diterbitkan di Denmark pada tahun 2005.
Syafii mengatakan Akademi Riset Islam Al-Azhar, yang di dalamnya termasuk ulama senior Sunni, telah mengeluarkan fatwa yang melarang penggambaran nabi serta sepuluh sahabat yang dijanjikan masuk surga dalam karya-karya artistik. Dia menekankan bahwa Islam tidak menolak karya seni, tetapi melarang personifikasi para Nabi untuk kesucian khusus mereka.(fq/amay)
sumber : eramuslim.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar