Senin, 09 Juli 2012

Geram, Kerajaan Saudi Menyerang dan Menangkap Ulama Syiah

Disebut telah memprovokasi warga untuk menentang kerajaan, keamanan Saudi menangkap ulama kharismatik Syiah Ayatullah Syaikh Namr al Namr setelah sebelumnya dilumpuhkan dengan tembakan senjata api.

Menurut Kantor Berita ABNA, pasukan keamanan Saudi menyerang dengan senjata api mobil yang sedang ditumpangi Ayatullah Syaikh Namr Al Namr. Serangan tersebut membuat ulama Syiah Arab Saudi tersebut terluka dan dibawa oleh pasukan keamanan tersebut ke tempat yang tidak diketahui. Sampai saat ini belum ada kabar terbaru mengenai keadaan ulama yang sudah lama diincar penguasa Saudi tersebut.

Syaikh Namr Al Namr adalah seorang tokoh ulama terkemuka Arab Saudi yang bermazhab Syiah, lahir pada tahun 1959 di desa Awamiyah. Ayah beliau adalah seorang ulama Syiah yang juga cukup terkenal dan segani. Syaikh Namr memperoleh pendidikan agamanya di Hauzah Ilmiyah Iran. Khutbah dan ceramah-ceramahnya diminati warga Saudi baik Sunni maupun Syiah. Namun belakangan ini menjadi incaran kerajaan Saudi karena dianggap khutbah-khutbahnya memprovokasi masyarakat untuk menentang kerajaan.

Setelah peristiwa penyerangan dan penangkapan tersebut diketahui masyarakat luas. Ratusan warga Qutaif melakukan unjuk rasa menuntut pihak kerajaan Saudi membebaskan Syaikh Namr dan mengembalikannya pada keluarganya untuk mendapat perawatan.
sumber : abna.ir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar