Senin, 02 Juli 2012

KAMPANYE SYIAH : Indonesia-Iran Bersatu, Intervensi Barat di Negara Islam Teratasi

RMOL. Selain kerja sama yang menyakut dengan hubungan kedua negara, Indonesia dan Iran juga mestinya mengintensifkan komunikasi untuk menyikapi berbagai persoalan dan gejolak yang terjadi di beberapa negara Islam. 

Sebagai bagian penting dari negara-negara yang berpenduduk Islam, Indonesia dan Iran tentu lebih tahu apa yang seharusnya dilakukan dalam menyelesaikan masalah di negara-negara Islam tersebut. 

Salah satu persoalan yang kerap terjadi di negara-negara muslim adalah kuatnya campur tangan negara-negara Barat. Intervensi ini sebenarnya bisa dikurangi bila Indonesia dan Iran mengambil peran-peran lebih besar dan strategis.

"Saya cukup prihatin dengan perbedaan sikap dan pandangan negara-negara Islam atas gejolak sosial politik yang ada di Timur Tengah," kata Menteri Luar Negeri Iran, Ali Akbar Salehi, saat menerima kunjungan delegasi Majelis Ulama Indonesia di kantornya kemarin.

Negara-negara Islam boleh saja berbeda pandangan dalam menyikapi suatu paham ajaran agama. Tetapi, dia mengingatkan, negara-negara Islam tidak boleh berbeda pandangan dalam melindungi hak-hak umat Islam yang hidup di negara-negara tersebut. 

"Nilai-nilai kemanusiaan harus ditegakkan secara bersama karena itu merupakan inti dari ajaran Islam," Ali Salehi menambahkan. [zul]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar