Selasa, 02 Juli 2013

Antara Syi'ah Tradisionalis dan Modernis

Hidayatullah.com--Meskipun sudah ada ormas Syi'ah Ikatan Jamaah Ahlul Bait Indonesia (IJABI), sebagian kalangan penganut Syi'ah negeri ini tetap merasa perlu membuat ormas Syi'ah yang baru. Ormas tersebut bernama Ahlulbait Indonesia (ABI) yang dideklarasikan tadi malam, 15/6, di Jakarta.

Ketua Dewan Syura ABI, Umar Shahab mengatakan, ABI dan IJABI dalam posisi berlomba-lomba dalam kebaikan. Bahkan dia mengaku juga turut terlibat dalam pembentukan IJABI pada tahun 2001.

Namun, katanya, sejak itu ada harapan-harapan sebagian kalangan Syi'ah yang tersalurkan di IJABI yang dipimpin oleh salah seorang tokoh Syiah asal Bandung, Jalaluddin Rakhmat itu.

Hidayatullah.com menayakan perbedaan apa yang dimaksud, Umar menjelaskan, ABI adalah kelompok Syi'ah yang didominasi kalangan "tradisionalis". Baik dalam masalah spiritual, pemikiran, dan lainnya.

"Sedangkan IJABI didominasi kalangan "moderenis"," kata Umar menjelaskan.

Saat ditanya soal kecenderungan tokoh Jalaluddin Rakhmat terhadap paham pluralisme agama, Umar menjawab, "Bisa jadi. Itu salah satu perbedaanya (IJABI dengan ABI)," jelasnya. *

Rep: Surya Fachrizal Ginting
Red: Cholis Akbar

sumber : hidayatullah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar